Mengatasi Iritasi Akibat Penggunaan Masker

Sejak pandemi Covid-19, kita sudah wajib pakai masker penutup wajah (surgical maupun non-surgical) ke mana-mana, terutama pada saat di tempat umum. Kalau di kotaku, hampir semua tempat kerja sudah buka kembali dan mau gak mau, udah gak ada pilihan selain pergi ke kantor dan pakai masker seharian. 

Nah, aku sejak bulan Mei sudah wajib piket masuk kantor dan mulai rutin masuk normal setiap hari sejak akhir Mei. Kantorku juga bukan yang full AC dimana-mana. Koridor-koridor di tempat umum, tangga, dan tempat makan tidak memakai AC, kebayang dong kalau seharian pakai masker kain, naik-turun tangga, panas dan engap banget… ya nggak?

Yang aku rasain pas awal-awal sampai rumah setelah pakai masker seharian itu:

  1. Wajah gatal-gatal terutama di sekitar mulut, garis rahang, dan hidung
  2. Merah-merah
  3. Iritasi ringan
  4. Kulit jadi bruntusan/ muncul whiteheads 

Ada yang mengalami juga gak? Aku malah sempat muncul 2 jerawat besar di pipi yang saaaaakit banget. Lalu ketika aku jerawatan itu akhirnya aku ganti deterjen untuk mencuci masker dengan deterjen bayi dan permasalahan jerawat akibat masker kain udah gak datang lagi.

Tetapi, ketika hari panjang atau lagi nggak sempat ganti masker kain yang seharusnya diganti setiap 4 jam, ada aja tuh perasaan gatal-gatal dan bruntusan di sekitar hidung dan di sekitar garis rahang. 

Solusi yang selama ini aku udah coba dan cukup berhasil di aku adalah:

  1. Cuci muka sebersih-bersihnya, double cleansing jika menggunakan sunscreen/makeup

Aku sih udah gak pakai makeup lagi selama pakai masker ini, tetapi selalu pakai sunscreen jadi tetap double cleansing. Bisa pakai micellar water, cleansing oil, atau cleansing balm sebagai step pertama. Jangan lupa cuci tangan sebelum cuci muka 🙂

  1. Jika perlu, gunakan exfoliating face cleanser 

Ini gak perlu setiap hari ya, tapi di hari-hari yang aku berasa dekil banget karena keringat dan debu terperangkap di balik masker kain, aku sering pakai Gentle Salicylic Acid Cleanser dan benar-benar aku pijat lembut ke wajah selama kurang lebih 30 detik karena kandungan Salicylic Acid bisa membersihkan pori-pori tersumbat penyebab bruntusan/komedo. 

  1. Terlalu perih untuk cuci muka? 

Ada yang iritasi dan merah-merahnya bikin sampai perih sampai cuci muka digosok-gosok juga sakit banget, Youtuber dan founder Krave Beauty Liah Yoo menyarankan untuk itu cuci muka hanya dengan air mineral.

  1. Fokus pada hidrasi

Ini penyelamat nomor satu: sheet mask. Terutama sheet mask yang mengandung hyaluronic acid, dan yang menjanjikan ‘hydrating’. Sheet Mask apa aja yang dipunya, tapi selama ini buat yang aman dan murah pasti sheet mask dari brand Korea. Brand lokal Iomi juga ngeluarin sheet mask yang lumayan harganya tapi gak se-terjangkau sheet mask Korea 🙂 Sheet mask sebaiknya dipakai di step ‘Serum’. Jadi tahapannya setelah cuci muka: toner, sheet mask, moisturizer. Kalau sheet mask tidak ditutup dengan moisturizer, wajah akan malah semakin kering 🙂

Bisa juga gunakan Aloe Vera Gel sebagai masker bilas, caranya aplikasi gel ke seluruh wajah (agak banyak ya), lalu diamkan 10-15 menit dan bilas. 

  1. Ganti masker setiap 4 jam

Ini ngerepotin dan harus modal stok banyak yah, jadi opsi ini kalau bisa dan memungkinkan gantilah masker setiap 4 jam karena diasumsi setelah 4 jam masker sudah lembab dan kotor, terkena keringat atau tangan yang kotor dan lain-lainnya. Selain mengurangi efektivitas penggunaan masker, juga bisa beresiko menambah iritasi pada kulit wajah. 

Semoga postingan ini berguna bagi yang punya masalah sama seperti aku ya. Stay safe!

10 thoughts on “Mengatasi Iritasi Akibat Penggunaan Masker

  1. Kebayang banget Stella. Waktu ke Korea, feb lalu, aku juga pake selalu pake masker, sampe 2 hari terakhir udah gak pake, soalnya susah nafas ( karena dingin ) dan iritasi juga dibawah mata, sangking keringnya terus kegesek2, plus lepasin-pake lagi.. Merana banget.. jadi kebayang banget kalau di Jakarta yang lembab.. huhuhu.. Aku waktu itu pake Soothing gel yang Soon Jung, antara ngebantu dan yah gituu.. hehe..

    • Ya ampun sorry baru liat hahaha skrg aku lagi pakai hydrating mask gt ci, biar gak nyampah2 sheetmask.. si Sun Joong aku cocok sih produknya coba kalo ketemu gelnya aku mau coba hahahaha thank you ya kadang aku masih bisa merah2 juga setelah pk masker

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s