Cara Membuat Visa UK

Beberapa waktu lalu, ada yang tanya ke aku gimana caranya bikin visa ke UK, dan kebetulan kawan aku Yufitri (Yuyu) juga abis nge-share cara dia bikin visa Schengen, siapatau diantara pembaca aku, ada yang mau keliling Eropa terus mampir ke UK 🙂

london-bus-1464576_1920

Perlu diingat visa aku memang visa turis tapi berhubung Mas Dodol kan warga sana jadi memang keluarganya bersedia untuk jadi sponsor aku. Lalu banyak juga kan temen-temen yang ngurus visa pakai agen, beberapa istri-istri ekspat lain juga semua pakai agen… tapi aku urus semua sendiri. Kenapa? Karena yang aku tahu, agen itu tugasnya hanya mengumpulkan dokumen, memberikan checklist, dan datang ke VFS untuk submit dokumen. Sebenarnya, ketiga hal ini gampang banget kan kalau dilakuin sendiri?

Kalau kamu sudah tahu tanggal berangkat, kamu sudah bisa memulai proses visa kamu 90 hari sebelum tanggal keberangkatan. Tapi visa UK biasanya butuh waktu 2-3 minggu untuk diproses karena British Embassy di Jakarta tidak membuka konsulat untuk visa, dan paspor kita akan dikirim ke konsulat mereka di Manila atau di Bangkok. Jadi amannya, kamu bisa proses visa kamu dari 90 sampai 30 hari sebelum keberangkatan. Visa UK dadakan tentu bisa saja dibuat, tapi akan ada biaya tambahan yang harus kamu keluarkan.

nyonya-uk-visa-website

Langkah pertama untuk buat visa, kamu harus mendaftarkan diri secara virtual ke https://www.visa4uk.fco.gov.uk, kamu bisa daftar kapan aja dan simpan data kamu untuk diperbaharui nanti-nanti juga masih boleh. Berhubung memang banyak banget halaman yang harus kamu isi, kalau aku sih ngisinya dicicil aja. Detail-detail lain seperti data travel terdahulu, atau data visa lama yang memang ada di rumah bisa dikosongkan dan diisi ketika nanti memang sudah ada datanya.

Selain form yang sudah kamu isi diatas, kamu harus melampirkan dokumen-dokumen lain seperti:

Paspor. Lampirkan paspor yang masih berlaku minimal 8 bulan setelah tanggal keberangkatan.

Pas foto untuk visa UK dengan latar putih berukuran 35 mm x 45 mm – mas tukang foto biasanya udah punya daftar ukuran visa untuk beberapa negara

Tiket pesawat pulang-pergi. Nah kalau aku biasanya memang melampirkan tiket pesawat yang sudah dibeli dan dibayar, berani mati aja kalau nggak dapet ya bye. Beberapa teman sih bilang, travel agent biasanya bisa menyiapkan dummy tiket, atau tiket yang sudah dibooking (tapi belum dibayar) untuk keperluan visa

Surat keterangan kerja. Kurang lebih seperti ini inti suratnya:

Dear Sir/Madam,

This is to certify that Ms. [Nama pemohon], is an employee in our organisation and is working on a full time basis as a [Jabatan] since 4 December 2013. Her current gross salary is GBP [Penghasilan Kotor Setahun] per annum.

We have agreed on giving her X days of paid leave from [periode cuti kerja] to travel to the UK, and she is obliged to come back and continue her work in the organisation by [tanggal kembali bekerja]

If you have any questions regarding Ms. Chrestella’s employment, please contact our General Affairs at +62-21-5797xxxx

Surat ini biasanya ditandatangani manajer di tempat kamu bekerja, dan konon nih, selama yang tanda tangan suratnya ini ekspat, entah orang Asia Timur atau Kaukasian, pasti visa kamu akan dikabulkan. Racist much?!

Bukti keuangan. Fotokopi slip gaji 6 bulan terakhir (jika ada) kalau nggak ada, aku biasa melampirkan surat pernyataan nasabah dari bank. Kita bisa minta surat ini ke bank dengan bayar IDR 50,000,-. Surat ini menyatakan bahwa kita adalah nasabah Bank X terhitung sejak tanggal XX dengan saldo terakhir sebesar sekian juta.

Amannya, saldo di tabungan kamu harus bisa mencukupi segala kebutuhan kamu selama perjalanan. Misalnya, kira-kira biaya hidup kamu seminggu itu 5 juta, kalau bisa di tabungan ada 15 juta. Jadi si pemerintah UK juga berasa aman, kalau sampai terjadi apa-apa sama kamu,  setidaknya kamu masih punya uang cukup untuk membiayai hidup kamu di masa darurat. Idealnya sih, banyak yang bilang harus ada 50 juta di tabungan. Nah, atur-atur aja ya gimana cara isi tabungan kamu. Banyak kok yang pinjam sebelum bikin bank statement terus dikembalikan setelah bank statement-nya jadi 🙂

buckingham-palace-978830_1920

Lima hal diatas sebenarnya udah cukup banget kalau buat ngajuin visa, tapi kalau kamu punya sponsor di negara tujuan kamu bisa mencantumkan:

  1. Surat cinta dari sponsor yang memang menyatakan kalau sponsor tersebut mengundang kamu untuk datang
  2. Bukti keuangan sponsor, kalau aku bisa melampirkan surat pajak ibu mertua aku

Nah, balik lagi ke form yang pertama, setelah kamu isi dengan lengkap kamu akan diminta bayar via website menggunakan kartu kredit. Waktu aku belum punya kartu kredit, aku pinjam kartu kredit teman kantor juga nggak apa-apa kok yang penting lunas di website tersebut. Harganya kurang lebih 1,8 juta rupiah.

Setelah bayar, kamu harus pilih waktu untuk datang (mirip seperti memilih waktu datang ke imigrasi ketika membuat paspor) dan ketika memilih memang pilihannya banyak dan waktu pertama kali aku bikin visa, aku salah pilih appointment dan harus balik lagi dengan membuat appointment baru.

time-is-money-1059987_1920

Datanglah ke VFS Global Kuningan tepat waktu, karena jika kamu datang sebelum atau sesudah lewat dari jam yang tertulis di email kamu, kamu nggak akan boleh masuk. Pokoknya kamu hanya boleh masuk untuk menyerahkan dokumen itu tepat pada jam yang tertulis di appointment.

Setelah memasukkan dokumen, tinggal harap-harap cemas deh sampai dapat email kalau dokumen kamu sudah boleh diambil. Email ini biasanya hanya ditulis ‘your document is ready for pick up’ tapi dapat atau nggak-nya visa kamu baru ketahuan ketika kamu buka amplop dan cek paspor. Makin harap-harap cemas deh pas ngojek ke VFS, ya nggak? Nah ini penampakan visanya, basically, semacam halaman paspor aja dengan tambahan masa ijin tinggal yang hanya 6 bulan.

nyonya-visa-uk

Buat yang mau ke UK atau ke Eropa, rajin-rajinlah nungguin tanggal Garuda Travel Fair karena sekarang kan Garuda udah boleh terbang ke London dan biasanya pas masa travel fair ini harganya bisa super murah. Buat aku yang selalu pergi berdua dengan suami sih, travel fair Garuda benar-benar menyelamatkan anggaran kami berdua. Biasanya nih, GATF itu ada di awal tahun (Feb/Maret) sama akhir tahun di bulan September/Oktober. Oh iya, terakhir aku ke GATF kan disponsorin sama BNI, jadi yang nggak bayar pakai BNI dikenakan charge sebesar 3%, nyebelin banget ya BNI ini. Akhirnya aku akalin dengan cara transfer e-banking ke travel agentnya, mereka mau nerima kok yang penting bukti transfernya ditunjukin aja ke mereka. Sekian tipsnya semoga berguna ya!

 

Advertisements

5 thoughts on “Cara Membuat Visa UK

    • Kalau yang diluar kota, nggak bisa diwakilin sebenernya *nyebelin ya* jadi mending pake travel agent aja.. tapi kalau datang sendiri, hari itu nyerahin dokumen, hari itu foto kok.. pas ngambil boleh pakai surat kuasa selama bukti pengambilannya dibawa 🙂

    • Hahaha.. kalau pake travel agent, kayaknya harus tetep dateng deh cuma waktunya lebih fleksibel.. aku baru keingetan, pas ke sana, ada bapak2 travel bawa satu grup keluarga gitu mau apply.. ya si keluarganya dateng, hehe aku nggak ngerti sih kenapa orang keukeuh pakai travel agent~

      • Hahhaha soalnya males kan urus2 dokumen dan isi form. Gak semua orang rajin juga. Kalau dari daerah dan gak mesti datang enakkan pake travel agent sih supaya gak bayar ongkos pesawat dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s