Curhat: LBP dan MRI Pertama

Jadi gini, mau curhat sebentar boleh ya…udah berjuta-juta tahun, dari jaman kuliah aku nih udah sering sakit punggung (lower back pain) tapi selama ini nggak pernah dicek karena belum terlalu mengganggu. Nah, udah 4 minggu terakhir nih asli ngeganggu abis, apalagi pas bangun tidur rasanya punggung, tulang rusuk semua itu kayak broken into pieces. Setiap bangun pagi aku harus minta Mas Dodol buat ngusap-ngusap punggung, kan lama-lama ngga enak juga ya kalau di harinya dia bangun siang, harus kebangun pagi, aku suruh kerja pula mijitin punggung.

Aku sendiri dari kantor memang dapat jatah medical check-up setahun sekali, dan tahun kemarin ketika check up dan mampir ke spesialis syaraf buat nanya soal punggung, aku udah disuruh MRI (Magnetic Resonance Imaging). Akhirnya ketika ketemu dokter orthopedi hari Sabtu lalu, aku dipaksa MRI juga sama dokternya.

mri_machine

Source: tabletsmanual.com

Pengalaman pertama MRI itu, rasanya kayak aku lagi sakit serius banget, kebayang drama-drama Korea sedih yang karakternya harus MRI terus udah mau mati gitu loh. Kemarin di MRI itu prosesnya kurang lebih 20 menit, tiduran terlentang, terus nggak boleh ngapa-ngapain. Awalnya bisa pura-pura tidur, tapi lama kelamaan ‘oh my God lama banget ya nggak udah-udah’, terus buka mata, terus berasa sempit, terus pusing hahaha.

e5aaefe161ad688b33ac120e27c3b7a3413402bc29e508622d9710d786647e98

quickmeme.com

Setelah hasil rontgen dan MRI-nya keluar, aku akhirnya balik lagi ke dokter orthopedi yang berbeda, karena dokter yang pertama adanya Sabtu doang, sedangkan Sabtu pagi kan jadwal aku zumba (penting banget, ye kan) Menurut dokter, tulang punggung aku terlalu curvy, dan emang yang bener-bener melengkung abis gitu loh ya gimana kan emang aku lahir udah seksi, bukan salah aku ya haha.

9232559_f520

Hasil MRI-aku, kurang lebih begini ini:

h9991110

Source: webmd.com/lumbar-spine-mri

Nah, hasil dari dokter, intinya aku harus istirahat dulu – udah off gym dan joget seminggu nih – dan gak boleh ikut kelas gym yang terlalu high impact. Terus aku tanya kan, kalo joget gimana, dok? Β Terus dokternya minta liat video joget haha, setelah ditonton dan diliat-liat, aku masih boleh joget (Alhamdulilah puji syukur). Beberapa solusi lainnya:

back Williams.png

  1. Kompres bagian punggung yang sakit pakai es batu
  2. Selalu stretching sebelum dan sesudah olahraga
  3. Kalau bisa stretching sebelum tidur
  4. Olahraga ringan dan rutin, fokus juga sit-up dan pull-up untuk menguatkan otot perut dan punggung
  5. Jaga makan, nggak boleh kegendutan

Sekarang ini aku juga lagi sering pakai korset buat benerin postur tubuh. Kata dokter, pakai korset selama membantu silakan aja, tapi nggak boleh terlalu lama karena nanti ototnya malah melemah dan bergantung sama korset.

Konsekuensi jangka panjangnya apa? Jangka panjangnya ya kalau nggak sering-sering dijaga, bisa kena ‘syaraf kejepit’, dan sepupu aku, yang badannya curvy juga kayak aku, di usia awal 40-an gitu kena syaraf kejepit gara-gara dorong lemari berat banget, dan sampai sekarang nggak sembuh-sembuh. Mas Dodol bilang, sekarang tiap tahun harus dijadwalin MRI biar bisa keliatan perkembangannya dan bisa dicegah kalau kenapa-napa. Lha, alamat susah pindah kantor ini mah kalau harus bayar MRI terus-terusan hahaha.

Yang bikin aku sedih, cita-cita pensiun dini terus jadi instruktur zumba kayaknya perlahan mulai pudar cahayanya (eeeaah) soalnya ya gimana, umur 26 aja badan udah renta gini…hahaha gimana, ada saran buat memperkuat tulang dan otot nggak?

Terima kasih buat yang udah baca curhatan nyonya random sampai bawah sini.

4e7118e68a6dcc5a15ea7657aaddddcf

Salam zumba,
Stella~

11 thoughts on “Curhat: LBP dan MRI Pertama

  1. Stelllaaaaaa coba ikutan yin yoga atau yoga terapi. Ada di kelas yg ikutan yin yoga skr syaraf kejepitmya sembuh. Trus aku kan bungkuk bgt dulu, skr udah lumayan berkurang

    • duh iya sih yoga πŸ˜‚ aku tuh ga bisa yoga otaknya ngga bs konsen badan mah lentur2 aja hahaha tapi emang harus dicoba yaaaa nanti aku siapkan mental dulu sambil liat2 πŸ˜„ makasihhhh hihi

    • No never, Peter doesn’t believe in them hahaha it’s been two weeks I feel a bit better already with the stretching before sleep, I am going to focus more on my exercise now and not dance too hard :p. Thank you!!!!

Leave a Reply

